PENETAPAN
HARGA JUAL
Nilai tukar
barang adalah kemampuan suatu barang untuk di tukar se jumlah uang.nilai yang
di nyatakan sejumlah uang di sebut harga.harga merupakan satu-satunya unsur
marketing mix yang menghasilkan penerimaan ,sedangkan unsur lain harga
merupakan biaya.
Harga dapat
mempengaruhi tingkat penjualan ,tingkat keuntungan serta shere pasar yang di tinjau.begitu
pentingnya harga,maka perusahaan dalam menentukan harga jual produknya harus di
pertimbangkan secara matang dan hati-hati.perusahaan perlu memperhatikan siapa
konsumen terakhir,berapa besar persaingannya,tenaga kerja dan
kedijakan-kebijakam pemerintah.
Ada
beberapa masalah yang perlu di perhatikan dalam menentukan harga jual yaitu :
a. Masalah biaya
Biaya adalah merupakan dasar di dalam menetapkan harga,karena biaya berupa pengeluaran yang dikeluarkan perusahaan, Harga yang ditetapkan harus dapat menutupi biaya yang telah dikeluarkan.
a. Masalah biaya
Biaya adalah merupakan dasar di dalam menetapkan harga,karena biaya berupa pengeluaran yang dikeluarkan perusahaan, Harga yang ditetapkan harus dapat menutupi biaya yang telah dikeluarkan.
Cara
penetapan harga jual berdasarkanpendekatan biaya dapat dilakukan denganbeikut
ini.
1). Metode penetapan harga biaya plus (cost plus pricing).
Misalnya:
Biaya produksi 100 barang adalah :
-biaya bahan baku Rp 3.000.000,00
-biaya tenaga kerja Rp 550.000,00
- biaya lain-lain (sewa, gaji,pimpinan,
penyusutan peralatan) Rp 450.000,00
jumlah biaya Rp 4.000.000,00
1). Metode penetapan harga biaya plus (cost plus pricing).
Misalnya:
Biaya produksi 100 barang adalah :
-biaya bahan baku Rp 3.000.000,00
-biaya tenaga kerja Rp 550.000,00
- biaya lain-lain (sewa, gaji,pimpinan,
penyusutan peralatan) Rp 450.000,00
jumlah biaya Rp 4.000.000,00
Keuntungan
yang diinginkan 20% dari total biaya. Sehingga
- harga seluruhnya:
Rp 4.000.000,00 + (20% x Rp 4.000.000,00) = Rp 4.800.000,00
Harga satuan Rp 4.800.000,00 = Rp 48.000,00
100
Harga satuan Rp 4.800.000,00 = Rp 48.000,00
100
2). Metode
penetapan harga mark up ( mark up pricing )
Perusahaan menetapkan harga jual dengan cara menambahkan hargabeli dari seorang
pedagang dengan suatu persentase tertentu.
Harga beli+mark up = harga jual.
Biasanya
besarnya mark up adalah keseluruhan
biaya operasi dan keuntungan yang diinginkan.
b.
Masalah permintaan
sifat
permintaan akan mempengaruhi penentuan harga dan volume penjualan. Untuk
beberapa produk,antara harga dengan volume penjualan berbanding terbalik.Artinya,bila
harga naik,mengakibatkan volume penjualan turun dan sebaliknya,bila harga
turun,maka volume penjualan meningkat.
Strategi
harga yang berorientasi pada permintaan di dasarkan pada:
-
Persepsi
konsumen terhadap suatu produk (perceived value pricing)
-
Diskriminasi
harga (demand differnttial pricing)
C. Masalah
persaingan
Harga jual
beberapa produk sering dipengaruhi oleh
keadaan persaingan yang ada. Masing – masing jenis produk dalam suatu jajaran
produk mengalami persaingan yang berlainan tingkatnya.
Terdapat
dua jenis penetapan harga berdasarkan persaingan
1.
Tingkat
harga rata-rata industry (going rate
pricing)
Penetapan harga jual yang dilakukan karena perusahaanmengalami
kesulitan dalam menentukan harga produk
2.
Berdasarkan
harga tender/pelelangan (seaded-bidpricing)
Penetapan harga ini ditunjukan di dalam sampul tertutup, sedangkan
pembeli dapat memilih penjual yang di anggap mempunyai harga rendah.
d. Masalah
pasar
perusahaan yang menetapkan harga
berdasar kan orientasi pasar harus berhati hati dalam menentukan biaya dan laba
yang di harapkan. perusahaan harus memperhatikanpermintaan terhadap
produk,bauran pemasaran, reaksi para pesaing,dan biaya promosi.
1.
Penetaan
harga dengan biaya tambahan.
Harga satu unit produksi
senilai denagan biaya total unit produksi
di tambah laba yang diingin kan.
2.
Harga
di dasarkan pada kondisi pasar yang
bersaing.
Agar tidak terjadi
perang harga dan mengakibat kan kerugian,maka perusahaan di dalam menetapkan
harga produk harus sama dengan harga yang ditetap kan pasar pesaing .
3.
Harga
didasarkan pada keseimbangan perkiraan permintaan dengan supli.
Penetapan harga melalui ke
seimbangan antara biaya denganpermintaan
pasr.hal ini sangat baik bagi perusahaan yang ingin memaksimalkan harga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar